Jumat, 02 Agustus 2013

Observasi Bimbingan Konseling (BK) Di SMK Al Falah Salatiga Chikma



Observasi Bimbingan Konseling (BK)
Di SMK Al Falah Salatiga

Disusun guna memenuhi tugas mata kuliah Bimbingan Konseling
Dosen Pengampu : Wahidin, M.Ag

Description: E:\Eny's collection\picture\logo STAIN.jpg


Disusun oleh :
Chiqmatun Kasanah               112-11-011




Jurusan Tarbiyah
Program Study Pendidikan Bahasa Arab (PBA) 2013
STAIN SALATIGA  Jl. Tentara Pelajar No. 2 Salatiga 50721Telp. (0298) 323706 – Fax. (0298) 323433
web : www.stainsalatiga.ac.id

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Observasi merupakan suatu kegiatan yang sangat penting dalam mengetahui bagaimana cara menyelami problematika siswa secara langsung. Dalam hal ini saya melakukan observasi di SMK Al Falah Salatiga untuk memenuhi tugas dalam bentuk laporan observasi BK di sekolah/madrasah. Laporan hasil observasi ini disusun guna mememenuhi tugas mata kuliah BK. Dengan adanya observasi ini diharapkan kita dapat mengetahui bagaimana seorang guru dapat memahami problem siswa dan membantunya untuk menemukan solusi yang terbaik.

B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang permasalahan di atas, maka dirumuskan permasalahan sebagai berikut:
a.       Bagaimana hal ihwal guru BK?
b.      Bagaimana jaringan sosial siswa di dalam kelas?
c.       Problem apa yang dihadapi oleh siswa?

C.     Tujuan
Observasi dilakukan bertujuan untuk :
a.       Mengetahui mengenai guru BK di sekolah terkait. Seperti jumlah guru BK, struktur guru BK, program yang telah dilaksanakan guru BK, sarana prasana BK. dll.
b.      Mengetahui keadaan sosial di dalam suatu kelas yang dijadikan sebagai sampel. Cara ini dilakukan dengan membagikan angket sosiometri.
c.       Setelah mengenalisa hasil sosiometri, kita menentukan siswa yang dianggap memiliki kendala dalam sosialnya. Kemudian kita melakukan konseling sederhana dengan siswa tersebut.

D.    Manfaat observasi
Setelah melakukan observasi diharapkan kita dapat memahami problem yang sedang dihadapi siswa, termasuk problem mengenai pergaulan sosialnya. Kemudian kelak saat kita telah terjun menjadi guru diharapkan kita dapat mengaplikasikannya secara baik.

E.     Metode observasi
Metode yang kami lakukan adalah :
1.      Studi pustaka, berpedoman pada materi yang telah diberikan dan didukung denga buku-buku yang lain.
2.      Wawancara dengan guru BK
3.      Obswervasi
4.      Konseling dengan siswa

BAB II
HASIL OBSERVASI
A.    Identitas sekolah
Kami melakukan observasi BK di SMK Al Falah yang beralamat di jl. Bima 02 Dukuh, Sidomukti Salatiga, berdiri pada tahun 2005.
SMK Al Falah berdiri diatas naungan yayasan Al Falah yang bergerak di bidang pendidikan, meliputi pondok pesantren dan SMK.
SMK Al Falah berkonsentrasi terhadap jurursan teknik otomotif dan tata busana. Kami mengambil data observasi dari kelas X TOA.

B.     Wawancara dengan guru BK
SMK Al Falah memiliki 1 tenaga guru BK. yaitu ibu Ika kurniawati. S,pd. Beliau termasuk tenaga pengajar yang baru di SMK Al falah. Karena hanya memiliki 1 guru BK maka struktur organisasi BK ikut masuk kedalam strutur kasi kesiswaan.

STRUKTUR ORGANISASI KASI KESISWAAN

 Secara formal ibu Ika belum menyusun program kerja BK dikarenakan konsentrasi Beliau yang belum penuh. namun secara praktis beliau telah melaksanakan beberapa gprogram BK, Diantaranya adalah  program BKK (penyaluran tenaga kerja) yaitu seperti memberikan informasi-informasi mengenai lowongan pekerjaan untuk siswa SMK Al Falah, untuk program unggulan BK di SMK Al Falah adalah home visit. Salah satu tujuan utama home visit adalah  sebagai bentuk perhatian sekolah kepada siswa dengan mengajak serta orang tua untuk berperan dalam menangani masalah yang sedang dihadapi siswa.
Saat ini siswa SMK Al Falah ber jumlah 175. Karena guru BK hanya ada 1 orang saja maka kurang ideal untuk mendampingi siswa dengan jumlah tersebut. Oleh karena itu guru-guru lain pun ikut membantu dalam menangani problem siswa.
SMK Al falah belum mempunyai sarana prasana yang memadai. Seperti belum memiliki ruang khusus untuk BK. Jadi, siswa sering merasa sungkan untuk berkonsultasi kepada guru BK secara langsung. Mereka sering berkonsultasi melalui SMS.
Dalam menangani problematika siswa, kebanyakan masalah yang terjadi adalah tingginya intensitas siswa untuk mem-bolos. selain itu, jarang sekali masalah yang lain terjadi.
Ibu Ika mengungkapkan bahwa dalam profesi beliau sebagai guru BK banyak sekali mengalami kendala dalam memahami karakter tiap siswa. Apalagi di SMK Al Falah didominasi oleh siswa putra. Mereka terkesan acuh untuk mendengarkan nasehat yang beliau berikan. Khususnya bagi siswa kelas XII yang tahun ini telah lulus dari sana. Saat akan menghadapi ujian, mereka sulit untuk diarahkan untuk meraih sukses UN. Setelah UN berakhir pun mereka masih sulit untuk diarahkan menuju dunia kerja. Namun dalam menangani setiap persoalan siswa beliau banyak dibantu oleh guru yang lain.

C.     Analisa sosiometri
No. Absen
Nama
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
1.       Achmad mutohar





















1
2.       Adi saputro


1


2
















3.       Amir fauzi







1











2


4.       Arrahman





















1
5.       M. Hanif











1










6.       Choirul anam

1





2














7.       Miki

2





1














8.       Edy setiyawan


1
















2


9.       Elan satriawan










2









1

10.   M.Fatkhur rasidin








1













11.   Viqi khaerul muna

1






2













12.   Jalaludin




1
















2
13.   Moch tolkhah.
















2
1




14.   M. Rabitul khasan




















1

15.   M. Rois






















16.   Putra widianto






















17.   Yunita



2
















1

18.   Nanang retmafi


1









2









19.   Arif hidayatullah






















20.   Rohmat fajar


1




2














21.   Ulfa afriyani






















22.   Riko tekto
1





















jumlah
1
3
4
1
1
1
-
4
1
-
1
1
1
-
-
-
1
1
-
2
3
3























Text Box: 18Text Box: 17Text Box: 13Text Box: 11Text Box: 9Text Box: 6Text Box: 5Text Box: 4Text Box: 1Text Box: 20Text Box: 21Text Box: 22Text Box: 2Text Box: 8Text Box: 3PILIHAN 1
Text Box: 14Text Box: 10Text Box: 7Text Box: 12PILIHAN 2






Analisis sosiometri :
1.      Dalam kelas tersebut yang menjadi bintang kelas adalah : amir fauzi dan edy setiyawan.
2.      Kemudian disusul oleh : Adi saputro, Riko tekto dan Ulfa afriyani
3.      Dilanjutkan oleh Rohmat fajar
4.      Berikutnya adalah Achmad mutohar, Arrahman, M. Hanif, Choirul anam, Elan satriawan, Viqi khaerul muna, Jalaludin, Moch tolkhah, Yunita, Nanang retmafi.
5.      Selanjutnya ada beberapa siswa yang tidak dipilih oleh teman-temannya. Yaitu selain yang telah disebutkan tadi.

D.    Konseling dengan siswa
Berdasarkan kesepakatan yang telah kami buat maka saya akan menyembunyikan identitas asli siswa terkait. Oleh karena itu saya ganti namanya dengan Mr.X. saya memilih dia bukan berarti dia adalah siswa yang nakal. Memang tidak banyak teman yang memilih dia sebagai teman dekat. Namun setelah saya telusuri ternyata di dalam kelas tersebut didominasi oleh siswa yang nakal.
Saya : “assalamu’alaikum dik, sebelumnya maaf ya kalau saya mengganggu waktu istirahat adik”.
Mr.X : “wa’alaikumsalam, iya mbak nggak papa kok..”
Saya : sebelumnya saya pengen tau nih kamu asalnya dari mana?
Mr.X : xxxxx (masih di wilayah Salatiga)
Saya : terus kenapa kamu milih sekolah d sini?
Mr.X : ya karena deket dari rumah mbak..
Saya : oo gitu... dulu aku juga gitu sekolah milihnya yang deket-deket aja dari rumah. Oia, selama kamu sekolah di sini ada kendala atau hambatan yang pernah ada?
Mr.X : emm.. alkhamdulillah nggak ada mbak..
Saya : ooww.. bagus tuh.. eh, kata bu Ika anak-anak sini sering bolos, kamu udah pernah bolos sekolah?
Mr.X :  enggak pernah mbak..
Saya : o ya??
Mr.X : eh, bener lo mbak.. kalo nggak percaya tanya aja sama bu Ika..
Saya : wao.. keren dunk kalo nggak pernah bolos.. salut deh sama kamu.. ngomong-ngomong kalo ada temen yang bolos apa kamu nggak pingin??
Mr.X : sebenernya sih pingin mbak... tapi setelah dipikir-pikir kalo akku mbolos mau kemana, trus mau ngapain..
Saya : bener banget tuh, lagian kalo kamu bolos kan kasian orang tua yang udah bayarin.
Mr.X : iya juga mbak..
Saya : eh, dari angket yang kamu isi kemaren, kamu bercita-cita jadi TNI yah?
Mr.X : iya mbak, tapi kayaknya nggak mungkin.
Saya : kenapa nggak mungkin??
Mr.X : yah si embak.. mbak kan tahu tubuhku pendek.
Saya :(tersenyum) kamu kan masih dalam masa-masa pertumbuhan. Jadi insya Allah kamu masih bisa tambah tinggi. Asalkan mau memperbanyak konsumsi protein. Ditambah sama olahraga juga tentunya.
Mr.X : iya, makasih mbak atas sarannya.
Saya : sip.. eh, di kelasmu ada nggak anak yang paling bandel??
Mr.X : waah.. jangan ditanya deh mbak.. banyak bangeet...
Saya : bandelnya gimana, suka mbolos?
Mr.X : iya mbak.. malah nggak Cuma itu aja..  mereka tu suka bicaranya rusuh, suka ganggu anak-anak yang lain. Poko’e macem-macem lah mbak.
Saya : hem.. parah juga ya.. kalau kamu bisa sampe nggak terpengeruh dengan mereka, berarti kamu tu hebat banget lo. Pendirianmu kokoh.
Mr.X : ya mungkin karena aku takut dan patuh sama ortu mbak.
Saya : bagus banget tuh..  tetep semangat, tetep konsisten belajar, jangan terpengaruh sama lingkungan yang nggak baik, raih cita-citamu.. ok..
Mr.X : ok mbak.. sip.. makasih ya mbak
Saya : iya sama-sama...

                                                       


BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan

Setelah melakukan observasi ini kita dapat menyimppulkan bahwa BK di sekolah sangat berperan aktif dalam mendampingi siswa. Idealnya 1 guru BK mendampingi 150 siswa.  Kemudian sarana prasana, program kerja BK sangat dibutuhkan untuk mendukung berlangsungnya proses BK.
Kita dapat menilai jaringan sosial siswa menggunakan sosiometri. Dari situ kita dapat mengetahui siswa siapakah yang mempunyai masalah dalam lingkungan sosialnya.
Dari sekian kegian yang telah kita lakukan diharapkan nantinya kita dapat menerapkannya dengan baik.

B.     Saran
Alhamdulillah laporan observasi ini dapat kami selesaikan dengan baik. Kami menyadari bahwa dalam penulisan ini banyak sekali kekurangannya. Untuk itu kami mohon kritik dan saran yang membangun guna perubahan kami untuk menuju lebih baik lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar