TUGAS OBSERVASI BK
Di SMP NEGERI 1 Salatiga
Disusun guna memenuhi tugas mata kuliah Bimbingan
Konseling
Dosen Pengampu : Wahidin,
M. Ag

Disusun oleh :
Belum Ada Identitas
PENDIDIKAN BAHASA ARAB (PBA)
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAIN) SALATIGA
2013
hasil observasi BK di SMP N 1
Salatiga
1. Jumlah guru di SMP N 1 Salatiga berjumlah 5
orang, yakni Eko Susilowati,S.pd, Sri Warsinah,S.pd, S.A Setyoningsih,S.pd,
Estri Yuniqati,S.pd, Eko nurdiyanto,S.pd
2. Struktur organisasi
KepSek



![]() |
||||||||||||||
![]() |
||||||||||||||
![]() |
||||||||||||||
|
||||||||||||||
![]() |
||||||||||||||
![]() |
||||||||||||||
![]() |
||||||||||||||
![]() |
||||||||||||||
|
3. setiap guru BK menangani sekitar 150 anak
4.
PROGRAM TAHUNAN
PELAYANAN KONSELING
No
|
Kegiatan
|
Materi Bidang Pengembangan
|
||||||||
Semester I
|
Semester II
|
|||||||||
Pribadi
|
Sosial
|
Belajar
|
Karier
|
Pribadi
|
Sosial
|
Belajar
|
Karier
|
|||
1
|
Layanan orientasi
|
Penyesuaian Diri
|
Orientasi Kelas baru
|
Mengenal dan memahami kurikulum kelas 9
|
Informasi SMA/SMK
|
Evaluasi kegiatan belajar
|
Kerja sama
|
Kiat sukses dalam belajar
|
Orientasi SMP
|
|
2
|
Layanan Informasi
|
Pemahaman diri
Daftar cek masalah
|
a. tata krama
b.komunikasi dan hubungan antar pribadi
|
a. belajar efektif
b.persiapan menghadapi tes, UAS, UAN,
c. motivasi berprestasi
|
Komunikasi remaja
|
a.konseling kelompok
b.problem solving
|
a. perkembangan prestasi belajar
|
a. mengenal jenis-jenis pekerjaan
|
||
3
|
Layanan Penempatan/penyaluran
|
Pembentukan kelompok belajar
|
Penyaluran karier
|
Penempatan tempat duduk
|
Pembentukan kelompok belajar
|
|||||
4
|
Layanan Penguasaan Konten
|
Kreatifitas remaja
|
Pemahaman bakat dan minat
|
Evaluasi prestasi belajar
|
Disiplin diri
|
Mempersiapkan diri menghadapi tes UAS, UAN
|
||||
5
|
Layanan Konseling Perorangan
|
3 siswa
|
3 siswa
|
3 siswa
|
4 siswa
|
5 siswa
|
5 siswa
|
5 siswa
|
4 siswa
|
|
6
|
Layanan Bimbingan Kelompok
|
3 kelp
|
5 kelp
|
3 kelp
|
2 kelp
|
1 kelp
|
4 kelp
|
4 kelp
|
3 kelp
|
|
7
|
Layanan Konseling Kelompok
|
3 kelp
|
2 kelp
|
2 kelp
|
3 kelp
|
3 kelp
|
2 kelp
|
2 kelp
|
2 kelp
|
|
8
|
Layanan Konsultasi
|
5 kali
|
3 kali
|
2 kali
|
5 kali
|
4 kali
|
3 kali
|
5 kali
|
4 kali
|
|
9
|
Layanan Mediasi
|
3 siswa
|
4 siswa
|
3 siswa
|
4 siswa
|
3 siswa
|
3 siswa
|
3 siswa
|
4 siswa
|
|
10
|
Aplikasi Instrumentasi
|
Tes bakat,minat
|
sosiogram
|
Tes penjagaan
|
Format keterangan sekolah lanjutan
|
|||||
11
|
Himpunan Data
|
Buku pribadi
|
Kemampuan akademik
|
Kemampuan akademik
|
Sekolah lanjutan
|
|||||
12
|
Konverensi Kasus
|
insidental
|
insidental
|
insidental
|
insidental
|
insidental
|
insidental
|
insidental
|
insidental
|
|
13
|
Kunjungan Rumah
|
2 kali
|
2 kali
|
2 kali
|
2 kali
|
2 kali
|
2 kali
|
2 kali
|
2 kali
|
|
14
|
Tampilan Pustaka
|
Sukses dalam belajar
|
Pergaulan yang sehat
|
Belajar efektif
|
Informasi sekolah lanjut SLTA
|
Pemahaman diri
|
Persiapan menghadapi UAN, UNAS
|
Pemahaman diri
|
Memilih sekolah lanjut
|
|
15
|
Alih Tangan Kasus
|
insindental
|
Insindental
|
insindental
|
insindental
|
insindental
|
insindental
|
insindental
|
insindental
|
insindental
|
5. program unggulan BK disesuaikan dengan tingkat kecerdasan
siswa
6. sarana prasana BK
![]() |
6. Tantangan dan hambatan menjadi guru BK
BK hanya di beri waktu 1 jam dalam 1 minggu sehingga
harus memanfaatkan waktu yang sangat singkat etapi dapat efisien
selain itu menjadi seorang guru BK harus sabar, memiliki rasa simpati terhadap anak,
serta tuntas dalam menyelesaikan masalah.
SOSIOMETRI
![]() |
MATA
PELAJARAN
|
||||||||
S
I
S
W
A
|
·
SITTA
|
1
|
2
|
|||||
·
KAFA
|
1
|
3
|
||||||
·
MILA
|
1
|
4
|
||||||
·
ALYA
|
2
|
6
|
||||||
·
ANDRI
|
1
|
3
|
||||||
·
HAMDAN
|
6
|
7
|
||||||
·
ISNA
|
4
|
7
|
KESIMPULAN :
dari
data di atas dapat disimpulkan bahwa kebanyakan siswa mengalami kesulitan pada
mata pelajaran matematika.
HASIL BIMBINGAN KONSELING.
konselor : “selamat pagi..?”
konseli : “iya,,selamat pagi”
konselor :”dek Andri,,maaf ya ganngu sebentar istirahatnya,
boleh ngobrol sebentar?”
konseli : “iya,ada apa kak?”
konselor : “kenalkan saya rika, hari ini saya
ada tugas observasi, dan ternyata dari data dk andri kurang menyukai mata
pelajaran matematika,benar?
konseli : “iya...”
konselor : “memangnya apa yang membuat dek
andri tidak menyukai matematika?”
konseli : “ribet kak,rumit...angka semua e
bentuknya,sulit menghafal rumus juga, gak nyaman pokoknya.”
konselor : “namanya juga matematika dek,,,ya
angka..tapi kalau boleh saya sarankan..matematika itu tidak di hafal...apa pun
rumus itu sering digunakan aja, sering latihan begitu...nanti bonusnya hafal
rumusnya..tapi disini kamu tidak kesulitan dalam fisika,padahal itu banyak
rumus juga?”
konseli : “iya beda..kalau fisika itu
sambil imajinasimya jalan....”
konselor : “o...kalau begitu motivasi diri dek
andri agar bisa menaklukkan matematika...cari buku referensi yang mudah di
fahami...anggap matematika itu asyik....dan memang benar-benar asyik lho.....”
konseli : “latihan terus kan capek...”
konselor : “latihan kan gak harus satu buku
dalam sekali latihan....cukup satu soal setiap hari... berapa soal yang akan
selesai kamu kerjakan dalam setahun? 365 soal,banyak kan?
latihan
itu yang penting continue..terus menerus..jangan putus asa...
konseli : “oke...nanti aku coba...”
konselor : “keep fighting...selalu semangat
ingat matematika bukan momok...dia masalah..maka selesaikan masalahnya..jangan
dihindari..atau dia akan terus menjadi masalah...taklukkan!!, “
konseli : “iya..”
konselor : “masih adakah yang mengganjal dek?’
konseli : “nggak kak...makasih”
konselor : “sama2...dek andri boleh ke kantin
sekarang hehehe...trima kasih atas waktunya...?”
konseli : “ok..”
demikian hasil observasi BK di SMP N 1 Salatiga…
Tidak ada komentar:
Posting Komentar