TUGAS RESUM
DISUSUN GUNA MEMENUHI TUGAS
BIMBINGAN KONSELING
Dosen Pengampu : Wahidin, M.Ag

Disusun
oleh :
Nama : Alie Abdul
Rahman Akbar
Nim :
11211032
Judul buku : Pengajaran dan Bimbingan Kelas 1-3 SD
Pembelajaran yang Berkemauan keras
Pengarang : DR. Doroty Rich
Penerbit : PT Indeks
Kota terbit : Jakarta
JURUSAN TARBIYAH
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB
(PBA)
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
(STAIN)
SALATIGA
2013
Rasa Percaya Diri
Merasa Mampu
Melakukannya
Dewasa ini konsep menghargai diri sendiri banyak dibicarakan. Hal
ini penting, tetapi konsep ini hanyalah konsep yang hampa kecuali bila
didasarkan pada pengalaman. Menghargai diri sendiri bukan arah yang terpisah.
Konsep ini berbaur ke dalam kehidupan sehari-hari, hasil dari proses yang terus
berlangsung, kegiatan yang membentuk keberhasilan.
Latihan Percaya
Diri
Mengenalkan
pengalaman yang membentuk rasa percaya diri dapat merupakan tantangan bagi anak
anak. Harapan-harapannya harus cukup besar untuk mendorong adannya
perkembangan, dan cukup mudah bagi orang tua untuk ikut terlibat didalamnya.
Anda dapat memulainnya di rumah dengan perabotan rumah tangga, seperti telepon atau televisi. Anak-anak
dapat menggunakan telepon untuk menelpon Nenek atau teman. Hal tersebut dapat
meningkatkan percaya diri anak dalam hal komunikasi.
Waktu
Telepon
Membaca
Melatih
urut-urutan
Mengikuti
petunjuk arah
Untuk kegiatan membaca pada tahapan awal ini, and memerlukan sebuah
telepon, tujuh potong kertas berbentuk segi empat, krayon atau pensil.
Katakan nomer telepon rumah anda. Ucapkan masing-masing angka
dengan suara keras ketika anda menunjuknya. Pada lembaran kertas terpisah,
tulis masin-masin angka. Kemudian tunjukkan pada anak anda bagaimana bagaiman
mengurutkan kertas itu dari kiri ke kanan sesuai dengan urutan nomer telepon
anda. Minta ank mengucapkan nomer telepon itu dengan keras pada potongan kertas
yang telah diurutkan.
Sebagai permainan, acak potongankertas dan minta anak anda
mengurutkan kembali nomer telepon anda. Kemudian minta ank menuliskan nomer
telepon itu dari kiri ke kanan pada lembar kertas yang lebih besar. Kemudian
anda dapat memajang kertas ini agar dapat dilihat dan dikagumi oleh semua
anggota keluarga.
Ketika anda berdua pergi ke luar, minta anak anda menelpon ke
rumah. Lakukan ini ketika di rumah ada orang untuk memberikan pada anak
kepuasan karena berhasil melakukan hubungan telepon.
Motivasi
Ingin
melakukannya
Jika
percaya diri berupa suara dari dalam yang berkata,’saya dapat melakukannya,’
motivasi adalah suara yang berkata,’saya ingin melakukannya’.
Anda
dapat memperhatikan dua orang dengan kemampuan dasar dan peluang yang sama.
Yang satu terus bergerak maju, yang lain tampaknya tidak kemana-mana.
Perbedaannya tidak terletak pada kemampuan mereka. Perbedaanya terletak pada
motivasi mereka. Salah satu upaya yang harus dilakukan untuk melahirkan
motivasi yang tinggi yaitu dengan mengemas motivasi tersebut sejak masa
kanak-kanak yang diantarannya melalui kegiatan dibawah ini :
Anda membangun
kemampuan anak-anak anda mengatasi rasa bosan, dengan memobilisasi antusiasme
dan motivasi mereka untuk belajar.
Anda membantu
anak-anak anda membangun kemampuan untuk terus menerus mendorong diri mereka sendiri
sehingga mereka dapat mengatasi hal-hal yang menurunkan semangat dan hal-hal
yang mengecewakan.
Anda membantu
anak-anak anda memahami tanggung jawab baik terhadap minat maupun terhadap
perilaku mereka sendiri.
Tepat di Luar
Berpikir
Menyimpan pengalaman
untuk kegiatan membaca dan menulis
ketika anak-anak anda masih belia,
mulailah verbagi dan temukan kegembiraan dan misteri dunia berjalan bersama
ketika hari mulai gelap, berjalaan bersama ketika hujan rintik-rintik bicarakan
apa yang sedang anda rasakan baik melalui panca indra atau perasaan anda.
Saksikan bersama-sama bagaimana bulan muncul dan bangun pagi bersama untuk
melihat matahari terbit. Gunakan kaca pembesar untuk melihat benda-benda kecil
yang akan mempesona anak. Dengarkan suara angin dan burung. Rasakan aroma hujan
dan kayu di tungku pendiangan. Pengamatan dan kepekaan perasaan sangat penting
bagi ilmuwan dan penyair.
Usaha
Bersedia
Bekerja keras
Di
texas, anak- anak sekolah dasar yang mendapat kesulitan melakukan pengurangan dibagi
menjadi empat kelompok A, B, C, D. Masing-masing kelompok mengerjakan sendiri
paket soal-soal. Seorang pembimbing memeriksa pekerjaan kelompok A, B, C setiap
delapan menit.
Saat
anak-anak mengerjakan bagian yang baru, pembimbing memberi intruksi baru bagi
mereka. Pada kelompok A pembimbing berkata ‘kalian telah bekerja keras’. Pada
kelompok B pembimbing berkata ‘kalian perlu bekerja keras. Kelompok C tidak
mendapat komentar. Kelompok D tidak terlibat dalam pembimbingan, tetapi mereka
dapat mendengar intruksi dari pembimbing. Kelommpok yang diberi komentar
‘kalian telah bekerja keras’ benar-benar bekerja lebih keras dibandingkan
kelompok yang lain. Kajian ini bermakna bahwa kita dapat mengatakan pada
anak-anak untuk melakukan usaha yang lebih banyak, bahwa mereka tidak perlu
khawatir, dan bahwa kita dapat membantu mereka melihat bahwa lebih banyak usaha
berarti hasil yang lebih baik
Waktu Khusus /
Tempat Khusus
Setiap anak memerlukan tempat khusus untuk menjadi siswa, tempat
yang idealnya harus cocok untuk mengerjakan pekerjaan rumah. Tempat ini tidak
perlu merupakan tempat yang mewah untuk melakukan pekerjaan ini.
Tanggung Jawab
Melakukan apa
yang benar
Kapan seharusnya anak belajar bertanggung jawab? Jawabnya: hampir
dapat dipastikan mulai dari ‘sambil berjalan’. Kapan waktu tepatnya sama sekali
tidak ada dalam peta.
Membantu
Anak-Anak Lakukan Untuk Mereka Sendiri
Anak-anak perlu belajar menjaga diri mereka sendiri seperti
menggantung pakaian atau mencuci kaki, walaupun kegiatan ini bukan kegiatan di
sekolah tapi latihan ini akan terbawa ke dalam kelas.
Tempat Khususku
Ketrampilan
belajar
Membuat/
menulis untuk sebuah tujuan
Mengingat
rincian
Berikut
ini adalal pembentuk tanggung jawab pada awal-awal tahun sekolah. Diperlukan
kotak sekolah-rumah khusus untuk membantu anak-anak tetap dapat melacak
barang-barang mereka.
Anak-anak
secara umum masuk ke dalam rumah dan melemparkan barang bawaan dari sekolah di
sembarang tempat. Di pagi haru, ketika semua orang bergegas mempersiapkan diri
untuk ke sekolah, barang yang dilemparkan kemarin dapat memunculkan masalah
karena sulit ditemukan.
Untuk
itu anda memerlukan kotak yang cukup besar untuk menyimpan barang-barang dan
sejumlah barang-barang dan sejumlah perlengkapan pakaian. Tambahkan sejumlah
gambar dari majalah, spidol, lem, dan gunting, dan anda siap untuk membuat
tempat khusus.
Inisiatif
Bergerak Masuk
ke Dalam Tindakan
Inisiatif berawal dari gagasan yang baik, tetapi gagasan saja tidak
cukup. Anda perlu melakukan sesuatu agar terjadi seperti yang diharapkan.
Inisiatif benar-benar berada di jantung ilmu pengetahuan. Inisiatif membuat
kita beertannya-tanya, menebak, mencuri kunci jawaban, melakukan eksperimen,
mencari tahu bagaimana sesuatu itu bekerja dengan baik atau tidak.
Mesin: Ayo sentuh
Ilmu Pengetahuan
Meneliti dan
menilai informasi
Oh, betapa senangnya membonkar
peralatan dan kemudian menyatukannya kembali. Anda memerlukan senter lengkap
dengan baterainnya, mesin kecil yang sudah rusak dan dapat dibongkar.
Bagaimana senter bekerja? Temukan
apa yang terjadi ketika satu batere diambil atau dipasang secara terbalik.
Senter merupakan peralatan yang indah karena peralatan ini dapat difungsikan
kembali secara mudah.
Jika anda mempunyai mesin kecil yang
sudah rusak, seperti jam atau rautan pensil, dan anda memang tidak peduli
apakah peralatan ini dapat difungsikan kembali atau tidak, cobalah kegiatan
ini. Letakkan peralatan ini dan sebuah obeng diatas meja, biarkan anak anda
membongkar peralatan itu dan biarkan anak anda menyatukan peralatan yang sudah
dibongkar ini tanpa bantuan anda.
Ketekunan
Menyelesaikan
Apa yang Telah Dimulai
Cukup berharga meminta pada anak-anak kita untuk berpikir bahwa
mereka sebenarnya telah mempunyai ketekunan. Ini termasuk ketekunan melakukan
pekerjaan di sekolah dan lebih banyak lagi. Kegiatannya dapat berbentuk
mempelajari bahan untuk ujian ejaan atau tes geografi. Dapat berkaitan dengan
olahraga, dan dapat berkaitan dengan hobi.
Belajar bekerja dan menunggu
Di antara banyak kegiatan yang mengharuskan anak-anak menunggu
hasilnya adalah menanam pohon, mengamati berat badan, mempelajari ketrampilan
baru, dan menjaga kesehatan. Untuk itu mari kita coba dengan menanam kacang.
Pertama kita memerlukan cangkir dan melubangi bagian bawahnya,
kemudian kita masukkan tanah, dan memasukkan benih kacang ke dalamnya. Letakkan
cangkir / pot dibagian jendela yang terkena sinar matahari, siram benih secara
rutin dan amati bagaimana benih itu mulai tumbuh.
Kepedulian
Menunjukkaan
kepedulian pada yang lain
Apakah anda khawatir pada kemampuan anak anda mempedulikan orang
lain, kemampuan menunjukan perhatian, kemampuan untuk memikirkan orang lain?
Jika begitu, anda akan mendengar anda sendiri berkata atau berpikir:
‘jangan terlalu
mementingkan diri sendiri’
‘engkau harus
mempedulikan orang lain’
Bagian ini membantu anak anda melatih kepedulian pada orang lain.
Memberi salam kepada teman dan tetangga
Menulis
Menggunakan
seni bahasa secara kreatif
Kegiatan ini mengharuskan anak-anak
membuat kartu ucapan selamat. Kegiatan ini memberi peluang pada anak menjadi
kreatif meskipun mereka ridak berpikir bahwa mereka artistik. Kegiatan ini juga
menghemat uang dan memungkinkan teman-teman mengetahui betapa dalam anak peduli pada orang lain. Anda memerlukan
kertas, pensil, gunting, spidol, kartu ucapan selamat, dan majalah.
Tentukan siapa yang akan menerima
kartu tersebut. Lipat kertas sehingga ada bagian depan, belakang, dan dalam
untuk menuliskan pesan. Potong gambar dari majalah atau gambar buatan sendiri
di bagian depan kartu. Minta anak menuli sebuah pesan. Sebagai gagasan, baca
kartu ucapan selamat yang sudah usang dan buku-buku tentang puisi. Kegiatan ini
merupakan cara yang baik bagi anak-anak anda untuk mengenal para teman dan
tetangga.
Kerja
sama Kelompok ( Bekerja dengan Orang Lain )
Paling tidak ada dua jenis pengelompokan –satu, ketika berdampingan
atau berdekatan, melakukan kegiatan yang sama, seperti yang dilakukan oleh
pasukan pemadam kebakaran ketika berusaha memadamkan api.
Bagi dan taklukkan
Keterampilan
belajar
Mengembangkan
kebiasaan kerja dengan berbagi tugas
Satu cara terbaik mengatur tugas di
rumah adalah dengan membaginya menjadi beberapa bagian. Ajari anak untuk
menerima dan menyelesaikan tanggung jawab di rumah dengan bekerjasama dalam
satu tim atau anggota.
Akal Sehat
Menggunakan
penilaian yang yang baik
Kita semua menginginkan anak kita mengetahui sebab dan akibat,
ternyata memahami bahwa apa yang mereka katakan mempunyai akibat tertentu pada
orang lain. Kita juga menginginkan anak kita menunjukan keseimbangan dan
penilaian terhadap penanganan waktu yang tidak tergantikan dan bagaimana
sulitnya memperoleh uang.
Mata yang penuh perhatian
Meningkatkan
kosakata
Lihat ke sekeliling ruangan dan minta anak-anak menyebutkan nama
benda yang mereka lihat. Kegiatan ini membentuk ketrampilan mengamati. Pada
awalnya, daftar yang dibuat dapat sangat pendek. Dorong anak-anak menyebutkan
nama semua benda yang ada di atas lantai sampai yang tergantung di
langit-langit rumah.
Pemecahan Masalah – Membuat Apa Yang di Ketahui dan Apa Yang Dapat
Dilakukan Menjadi Tindakan
Apakah anak anda mengatakan ‘saya tidak dapat’ dan bukannya ‘saya
dapat’ anak-anak tidak dilahirkan sebagai pemecah masalah. Mereka belajar cara
memecahkan masalah, mereka tunjukan bahwaa mereka sedang belajar ketika
mengetahui cara menanyakan pertannyaan dan memperoleh jawaban, mempunyai
kemampuan mengidentifikasi dan menghadapi masalah, memicu lahirnya gagasan yang
dapat berbentuk solusi, menunjukkan bahwa mereka dapat membuat keputusan yang
masuk akal.
Cara pemecahan masalah menurut saya dibagi menjadi dua hal:
Yang pertama Berlatih
menanyakan dan menjawab pertannyaan dan yang ke dua Berlatih membuat keputusan
Berpikir dan memilih
Berpikir
Mendorong pilihan untuk membuat keputusan
Minta anak anda berpura-pura
mengikuti hal-hal yang sedang terjadi:
Anda tidak
dapat menemukan kunci rumah dan tidak ada seorangpun dirumah.
Anda tersesat
ketika sedang menuju ke rumah teman.
Anda digoda dalam
perjalanan pulang dari sekolah.
Setelah anak mengajukan tiga atau
empat solusi yang berbeda, biarkan mereka memilih salah satu cara yang
tampaknya paling baik.
Fokus – Berkonsentrasi Dengan Memikirkan Tujuan
Fokus selalu penting. Meskipun demikian, hampir selalu diasumsikan
kita telah fokus atau mampu fokus atau sedang mengembangkannya. Pada masa
laluyang cenderung lebih lambat, mungkin itu terjadi.
Melihat fokus di
dalam diri kita sendiri
Minta anak anda memikirkan pertanyaan berikut, untuk memeriksa
fokus mereka. Orang tua dapat menjawab pertanyaan ini tentang diri mereka
sendiri bersama-sama dengan anak-anak mereka:
Apakah saya mendenngarkan dengan seksama dan mencoba
mengingat-ingat apa yang saya dengar?
Apakah saya menemukan tempat yang tenang dan waktu yang memadai
untuk mengerjakan tugas-tugas saya?
ANALISA BUKU
A)Kelebihan
Buku
ini memiliki program-program yang sangat praktis, mudah di pahami dan diterapkan dalam sebuah pengajaran, karena
media yang digunakan cukup mudah didapat dan hal yang dilakukan cukup
sederhana. Walaupun sederhana tapi memiliki hasil dan kesan yang hebat.
Dari
segi design, buku ini terlihat cukup menarik, dilihat dari sampulnya yang
berwarna cerah, kemudian buku ini juga menampilkan beberapa gambar dalam setiap
pembahasan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar